A. VISI SMA NEGERI 2 CILACAP
Terwujudnya Generasi yang Berbudi, Berprestasi, dan Adaptif
B. MISI SMA NEGERI 2 CILACAP
1. Menyelenggarakan kegiatan keagamaan sesuai dengan keyakinan dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
2. Menumbuhkan sikap disiplin dan kepekaan sosial serta semangat kekeluargaan
antarsesama warga sekolah dan masyarakat.
3. Meningkatkan karakter jujur, percaya diri, dan bertangung jawab.
4. Melaksanakan pembelajaran aktif, kreatif, inovatif, efektif dan menyenangkan.
5. Mengembangkan potensi peserta didik yang dimiliki berdasarkan bakat, minat, dan motivasi.
6. Menyediakan sarana prasarana kegiatan akademik dan nonakademik yang memadai.
7. Meningkatkan prestasi akademik dan nonakademik peserta didik
8. Mewujudkan sekolah sehat, ramah lingkungan, ramah anak, dan berbasis digital.
9. Mewujudkan peningkatan jumlah peserta didik yang diterima di perguruan tinggi secara kuantitatif dan kualitatif, serta di dunia usaha bagi peserta didik yang tidak melanjutkan Pendidikan.
10. Meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan yang berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaborasi.
C. TUJUAN SMAN 2 CILACAP
1. Menciptakan generasi yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.
2. Menciptakan generasi menjadi manusia yang berkarakter, cerdas, terampil, dan berprestasi akademik maupun nonakademik di tingkat kabupaten, provinsi, nasional serta internasional.
3. Menciptakan generasi yang tangguh, selalu mengembangkan diri, sigap menghadapi perubahan serta dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.
4. Menciptakan generasi yang percaya diri, optimis, inovatif, dan memiliki jiwa kepemimpinan.
5. Menciptakan generasi yang memiliki keterampilan untuk menguasi IPTEK dan mengembangkan diri secara optimal serta mandiri.
D. STRATEGI SMAN 2 CILACAP
1. Merumuskan dan menyusun perencanaan strategis dan tahunan guna mengimplementasikan program-program operasional sekolah yang didukung oleh sumber daya anggaran pembiayaan yang memadai.
2. Menciptakan dan melaksanakan bidang pengelolaan dan layanan kepada peserta didik dalam bidang kegiatan belajar, perkembangan dan pembinaan keperibadian,
kebutuhan kemanusiaan (rasa aman, penghargaan, pengakuan dan aktualitas diri)
3. Optimalisasi potensi sarana dan prasarana sekolah yang mencakup gedung, lahan, buku perpustakaan, media pembelajaran, alat dan bahan laboratorium, alat olahraga dan kesenian.
4. Menciptakan budaya sekolah melalui tatanan nilai, kebiasaan , kesepakatan- kesepakatan yang direfleksikan sehari-hari terutama budaya yang bersifat mendukung terhadap pencapaian visi dan misi sekolah.
5. Melaksanakan program pemberdayaan masyarakat sekolah seperti orang tua peserta didik maupun tokoh masyarakat setempat, melalui wadah organisasi komite sekolah.
6. Mengembangkan pembelajaran yang berbasis teknologi agar dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.
E. INDIKATOR – BERBUDI
1. Terwujudnya generasi yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2. Terwujudnya generasi yang mempunyai budi pekerti luhur, sopan, santun, dan berakhlak.
3. Terwujudnya generasi yang memiliki empati, saling menghargai, saling menghormati dan memiliki rasa toleransi tinggi terhadap perbedaan.
4. Terwujudnya generasi yang jujur, adil, dan bertanggung jawab.
5. Terwujudnya hubungan positif antarseluruh warga sekolah, orang tua, dan masyarakat.
F. INDIKATOR – BERPRESTASI
1. Terwujudnya generasi yang mempunyai prestasi di bidang akademik dan nonakademik baik di tingkat lokal, nasional, serta internasional.
2. Terwujudnya generasi yang aktif, kreatif, inovatif, kolaboratif, dan berwawasan global.
3. Terwujudnya generasi yang memiliki sikap percaya diri, optimisme, disiplin, komitmen, inisiatif, dan memiliki jiwa kepemimpinan.
4. Terwujudnya generasi yang mampu mengenali potensi dirinya sehingga berkembang dan memberikan makna dalam kehidupan.
G. INDIKATOR ADAPTIF
1. Terwujudnya generasi yang tangguh, selalu mengembangkan diri, siap menghadapi perubahan, serta dapat menyesuaikan diri dengan dinamika perkembangan zaman (aspek ekonomi, sosial, budaya, dan teknologi).
2. Terwujudnya semangat dan komitmen seluruh warga sekolah untuk berorientasi ke
depan dengan memperhatikan nilai-nilai religius dan kultural.
3. Terwujudnya perilaku generasi yang adaptif dengan melakukan inovasi pada era globalisasi teknologi.